Monday, September 1, 2014

Hidung Tersumbat

Pilek MAK!! BUMPET !!

Sedikit curhat, sabtu dan minggu kemarin aku menginap di pinggir pantai Depok, dan saat itu suasana dingin sekali. Sepulang dari rekreasi singkat itu aku membawa flu sebagai oleh - oleh ke rumah.
Alhasil sekarang HIDUNG SAYA TERSUMBAT!!
setelah serach dan pengen tahu kenapa sih bisa tersumbat.
Ternyata penyebab hidung tersumbat adalah "ingus yang kental dan susah keluar"
Walau biasanya sudah bisa aku deskripsikan, jika aku flu maka urutannya adalah.
Pusing, air ingus seperti air mata (asin) ahaha, bersin2, batuk , kemudian sembuh.
Tapi ini aku lagi fase hidung tersumbat dan bersin2. Lelah sekali aku bersin2 -_-

Dan share ke temen2 yang kemungkinan sedang penasaran dengan Hidung tersumbat dan bagaimana penanganan alaminya, yuk kita bahas sedikit :

Hidung tersumbat merupakan efek dari sebuah penyakit ringan. Yang dimaksud penyakit ringan misalnya, dingin, flu atau alergi. Penyakit - penyakit tersebut dapat menyebabkan hidung tersumbat karena menimbulkan peradanagan pada lapisan rongga hidung dan sinus yang merupakan jaringan yang kaya akan pembuluh darah. Radang akan menyebabkan pembuluh darah melebar dan menimbulkan pembengkakan sehingga hidung menjadi tersumbat. Menurut National Institute oh Health hidung tersumbat karena penyakit ringan dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu seminggu. Karena tubuh kita memiliki sistem kekebalan dan penyembuhan yang luar biasa. (sumber : http://mediskus.com/)

Cara mengatasi hidung tersumbat dengan cara yang sederhana :

Jangan membuang ingus kuat2
Jika penyebab hidung tersumbat adalaha karena flu disertai dengan ingus maka keluarkanlah dengan lembut, bisa dengan bantuan tisu atau sapu tangan secara bergantian. Mmembuang ingus terlalu kuat justru akan membuat lapisan dalam hidung tambah meradang.

Menghirup Uap Air Panas
Kelembaban dan panas dari uang akan meringankan peradangan sehingga dapat mengatasi hidung tersumbat dan akan membantu bernafas lebih lega.

Kompres hangat diatas hidung
Basahi handuk atau kain kecil dengan air panas(hangat) kemudian tempelkan perlahan pada batang hidung, ada baiknya dalam keadaan berbaring atau santai.

Menghirup inhaler, balsem, atau minyak angin
Oleskan atau hirup aroma minyak yang hangat untuk meredakan tersumbat.
Atau aku pernah menggunakan potongan koyo dan ditempetlkan di batang hidung.

Makan makanan pedas dan hangat.
Ini cukup berreaksi karena makanan pedas merangsang lendir atau ingus menjadi lebih encer.

Dan aku juga dapat pengalaman dari teman sosmed.
Bisa menggunakan teknik akupresur yang dapat meredakan hidung tersumbat. 
Caranya adalah sebagai berikut:


Ketika anda melepas tekanan pada langit-langit mulut dan kening anda, akan terasa cairan mengalir di tenggorokan anda. Hidung pun kembali lega.

Doakan aku semoga cepat putus dengan si hidung bumpet ini.
Dan sehat untuk kita semua, sekedar info.
Cuaaca lagi tidak begitu baik, jaga kesehatan ya teman2 :)

Yosh! 

6 comments:

  1. Beli di apotek aja mbak.. yg khusus pilek.. biasanya saya gitu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah..
      Tapi efeknya takut ketergantungan.. :D

      Delete
    2. Iya.. sih. cuma buat menghambat bentar kalo lgi bner2 butuh.. Efek ya agak berasa pahit kalo dbawa makan..

      Delete
    3. Sebab waktu itu pernah pengalaman, jadi ketergantungan sama salah satu obat flu.
      syukur sekarang mulai usaha gak ketergantungan.

      Delete
  2. Hidung mampet menghilangkannya mudah sekali, bisa menggunakan air panas, dan bisa gunakan sambil minum, atau uap dari air panas tersebut. Dan tentunya sebaiknya istirahat dulu bila memungkinkan, apa lagi hindari dari sinar-sinar smartphone, bisa-bisa tambah pusing.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe..
      Sebab saya kalo sakit malah main smartphone -_-'
      Makasih infonyaa.. Bermanfaat masukannya.

      Delete