Sunday, July 5, 2015

Suka makan ceker ayam?! Ini akibatnya!



Siapa yang tidak kenal dengan makanan satu ini, ceker ayam. Orang Indonesia pasti familiar dengan makanan gurih yang bertekstur lembut ini. Ada mitos yang menyebutkan bahwa bayi yang mengkonsumsi nasi tim ceker ayam  akan lebih mudah latihan berjalan dan juga membuat kaki bayi menjadi kuat dan kokoh.

Lantas apa saja yang terkandung dalam kaki ayam yang bermanfaat bagi kesehatan? Dalam kaki ayam terdapat kulit, otot, tulang dan kolagen. Kolagen merupakan protein jaringan ikat bening kekuning – kuningan yang jika terkena panas akan mencair dan mengental. Fungsi kolagen pada kaki ayam bukan hanya untuk pertumbuhan anak namun juga mampu sebagai obat penyakit rematik.

Selain sebagai obat rematik orang yang terkena penyakit hipertensi juga dianjurkan untuk mengkonsumsi kaki ayam, karena kandungan kolagen pada ceker ayam mampu menurunkan kadar renin dalam plasma sehingga tidak menyebabkan tekanan darah menjadi lebih tinggi.
Kandungan hydroxyapatiteh atau zat yang komponennya sama dengan komponen tulang ini merupakan makanan untuk tulang yang berfungsi untuk mencegah penyakit osteoporosis.

Zat – zat lain yang terkandung dalam ceker ayam diantaranya adalah asam amino yang mampu membatu memperbaiki jaringan pada tubuh dan membentuk sel – sel baru, kalsium, kartilago (berfungsi untuk melapisi persendian), glukosamin dan kondroitin yang bisa meringankan gejala sendi atau ostepoarhitis.

Ceker ayam sebenarnya adalah limbah dari penjual daging ayam, namun sangat banyak digemari orang sebagai masakan yang tidak kalah lezatnya. Dimana-mana didaerah Kota tempat tinggal saya, warung yang menyediakan menu ceker ayam tak pernah sepi pembeli. Rasa dan aroma khas dari tulang rawan ceker ayam mampu membangkitkan selera makan bagi para penggemarnya. Namun tak sedikit pula orang yang merasa geli melihat makanan ini, sehingga tidak pernah tertarik sama sekali.

Bagi yang peduli dengan gizi, diet, dan kesehatan, pasti bertanya-tanya : Apa kandungan nutrisi, atau berapa nilai kalori dari ceker ayam?. Bahkan orang mungkin juga ingin mendapatkan informasi mengenai manfaatnya bagi kesehatan.

Kandungan nutrisi ceker Ayam :

Berikut fakta gizi 1 ceker Ayam terhadap % dari nilai kebutuhan harian menurut USDA :

Kalori 73
Kalori dari Lemak 45
Total Lemak 4.96g  8%
Lemak Jenuh 1.333g  7%
Lemak tak jenuh ganda 1.013g
Lemak tak jenuh tunggal 1.87g
Kolesterol 29mg 10%
Sodium 23mg 1%
Kalium 11mg
Jumlah Karbohidrat 0.07g  0%
Serat 0g 0%
Gula 0g
Protein 6.6g
Vitamin A 0% Vitamin C 0%
Riboflavin 4%
Vitamin B12 3%
Zat besi 2%
Tembaga  2%
Fosfor 3%
Kalsium 3%
Terdapat 73 kalori dalam 1 ceker ayam, dengan rincian: 63% lemak , 0% karbohidrat, dan 37% protein.

Zat-zat yang terkandung didalam ceker ayam sbb:

Asam amino
Merupakan kandungan utama dari ceker ayam. Asam amino yang terdapat dalam ceker ayam antara lain: glisin,prolin,hidroksiprolin,agrinin dan lisin. Asam amino ini berfungsi untuk membentuk sel-sel baru, memperbaiki jaringan, membentuk antibodi atau daya tahan tubuh, serta menyelaraskan enzim dan hormon.

Kolagen 
Kolagen adalah sejenis protein jaringan ikat yang liat dan bening kekuning-kuningan. Jika terkena panas, seperti proses memasak, kolagen akan mencair menjadi cairan yang agak kental seperti lem.
Kolagen memiliki antigen yang bersifat imunogenik dan baik untuk penderita rematik. Kolagen juga terbukti berkhasiat untuk penyembuhan luka, kesehatan lambung serta pertumbuhan kuku, rambut, dan kecantikan kulit kita.

Kalsium
Kalsium funsinya banyak sekali bagi tubuh. Antara lain mencegah penyakit jantung, melancarkan peredaran darah, sebagai mineralisasi gigi, melenturkan otot, mengatasi kram, sakit pinggang serta meminimalkan osteoporosis pada wanita hamil dan menopause

Kartilago
Kita menyebutnya tulang rawan. Kadarnya di ceker ayam sama dengan yang terdapat di sirip ikan hiu. Berfungsi untuk melapisi persendian dan Diyakini para ahli mampu memperbaiki kekebalan tubuh serta mencegah kanker

Hydroxyapatite
Merupakan salah satu mineral alami yang menjadi penyusun dalam komponen utama tulang dan gigi kita.

Glukosamin dan kondroitin
Dua senyawa yang berkhasiat sebagai antiradang alami yang bisa meringankan gejala radang sendi atau osteoarthritis.

Manfaat ceker ayam bagi kesehatan :

Kaldu tulang sudah diketahui bermanfaat bagi kesehatan, termasuk kaldu dari tulang dan ceker ayam. Berikut beberapa keuntungan yang bisa kita dapatkan :

Mencegah darah tinggi

Senyawa substansi kolagen substansi dalam ceker ayam setara dengan aktivitas antihipertensi pada kelompok ACE-inhibitor. Kolagen ini bisa menurunkan kadar renin plasma, sehingga tidak membuat tekanan darah menjadi lebih tinggi. Hal ini juga mengandung kalium, sehingga pasien hipertensi bisa juga bagus jika mengkonsumsi cakar ayam.

Pada umumnya untuk membuat sup ceker ayam yang lezat akan banyak membutuhkan garam. Khusus bagi penderita darah tinggi biasanya sensitif sodium, sehingga tidak dianjurkan banyak menggunakan garam.

Meredakan arthritis

Bagi orang dengan arthritis dan nyeri sendi biasanya mengambil suplemen glukosamin atau chondroitin. Tidak harus membeli suplemen untuk mengatasi rasa nyeri sendi atau gejala rematik, karena kaki ayam yang dimasak menjadi sup ayam akan menghasilkan nutrisi ini – ditemukan dalam tulang rawan yang sehat.

Kalsium

Ceker ayam mengandung kalsium dan beberapa mineral, sehingga penderita rematik dianjurkan rutin makan sup ceker ayam. Kandungan Hydroxyapatite dalam ceker ayam juga merupakan salah satu makanan yang baik untuk tulang. Oleh karena itu, mengkonsumsi cakar ayam bisa menjaga tulang yang kuat, mencegah osteoporosis, dan menjaga elastisitas kulit.

Menjaga imunitas tubuh

Kandungan protein kolagen pada ceker ayam juga sangat baik bagi  pertumbuhan anak. Hal ini karena protein kolagen dalam ceker ayam memiliki antigen imunogenik yang mampu menghasilkan antibodi.

Memasak sup ceker ayam

Tambahkan cuka untuk membuat sup tulang dan ceker ayam, karena ini akan membantu untuk menarik keluar kalsium dari tulang. Satu atau dua sendok makan cuka untuk 1 panci besar. Didihkan hingga 2 jam agar lunak, agar berasa tambahkan juga merica dan garam secukupnya. Setelah itu simpan kaldu sup didalam kulkas, jika akan digunakan sebagai kaldu sup dalam beberapa hari.

Tapi perlu diingat, meskipun dianggap memiliki khasiat yang baik untuk tubuh, ceker ayam tidak baik jika di konsumsi berlebihan, karena ada penelitian yang mengungkapan jika ayam jaman sekarang adalah ayam perternakan modern yang makanannya mengandung obat kimia yang jika di konsumsi dalam jangka waktu panjang bisa menyebabkan penumpukan zat tak baik yang bisa memicu kanker.

So,, makanlah secukupnya :)

Salam sehat!

3 comments: