Tuesday, July 7, 2015

10 Hal yang Perlu Diketahui soal Pluto

dia yang kini sudah tak dianggap sebagai planet :'(

Pesawat antariksa nirawak New Horizons milik NASA sebentar lagi bakal berada di lintasan terdekatnya dengan Pluto. Penjelajahan ini dianggap sangat fenomenal karena perjalanan New Horizons menuju Pluto sangat panjang, yakni sembilan setengah tahun. Ia juga menjadi pesawat antariksa pertama yang memelajari Pluto.

Sebelum bergerak lebih jauh menuju planet kerdil, kantor berita CNN merangkum 10 fakta penting yang perlu diketahui soal Pluto.

1. Di mana letak Pluto?

Pluto terletak sekitar 5,8 miliar kilometer dari Matahari. Ia bersemayam di Sabuk Kuiper. Sabuk Kuiper atau Kuiper Belt adalah area yang melampaui Neptunus di mana ribuan objek kecil dan dingin mengorbit.

Walau begitu, para ahli astronomi meyakini Pluto tidak berada di ujung sistem tata surya karena mereka menganggap masih ada ribuan 'dunia' lain di luar Pluto di dalam Sabuk Kuiper.

2. Siapa penemu Pluto?

Awalnya Pluto diberi nama Planet X oleh Percival Lowell. Lowell adalah pendiri Lowell Observatory di Flagstaff, Arizona. Kala itu, ia yakin bahwa memang ada sebuah planet yang lebih jauh dari Neptunus. Sayang, ia meninggal dunia pada 1916 tanpa melanjutkan misi penemuan Planet X.

Astronom muda, Clyde Tombaugh dari Kansas, direkrut oleh observatorium Lowell untuk melanjutkan penemuan Planet X dan berhasil menemukannya pada 18 Februari 1930.

3. Siapa yang memberi nama "Pluto"?

Seorang gadis cilik berusia 11 tahun, Venetia Burney asal Oxford, Inggris. Ia yang menyarankan nama Planet X berganti jadi Pluto. Venetia sudah meninggal pada 2009 lalu di usia 91 tahun.

4. Berapa ukuran Pluto?

Sejak awal, pimpinan investigasi New Horizons, Alan Stern menyatakan Pluto memiliki ukuran yang sama seperti Amerika Serikat. New Horizons baru-baru ini menghasilkan data baru soal ukuran Pluto, yakni diameternya mencapai 1.473 mil atau setara 2.370 kilometer. Tentu ukuran ini lebih besar dari perkiraan sebelumnya.

5. Apakah Pluto memiliki bulan?

Bulan Pluto berjumlah lima. Mereka adalah Charon, Nix, Hydra, Kerberos, dan Styx. Diketahui Charon dikenal sebagai bulan terbesar di antara empat lainnya karena ukurannya tak beda jauh dengan Pluto sendiri.

6. Bagaimana cuaca di Pluto?

Sangat dingin. Suhu di Pluto diyakini NASA berkisar antara -190 sampai -204 derajat Celsius. 

Sementara beberapa waktu lalu, tim dari Royal Astronomical Society mengatakan, Pluto yang penuh dengan bebatuan dan es suhunya bisa mencapai -230 derajat Celsius. Namun, jika kita masuk atmosfernya, akan terasa lebih hangat. 

7. Apakah Pluto punya gaya gravitasi?

Tim ilmuwan NASA mengatakan, seseorang yang memiliki berat badan 45 kilogram di Bumi, berat badannya akan menjadi sekitar 3,1 kilogram jika ia berjalan-jalan di Pluto.

8. Apa warna Pluto?

New Horizons sudah membuktikan warna Pluto, yaitu merah berpasir. Sebelumnya, banyak yang menduga dan menggambarkan Pluto sebagai planet berwarna kelabu atau biru karena letaknya paling jauh dari Matahari.

9. Apakah Pluto bisa dilihat dengan mata telanjang?

Seperti yang apa dilakukan oleh Tombaugh, tentu Pluto bisa disaksikan oleh mata manusia. Namun, tentunya perlu menggunakan bantuan teleskop yang bagus dan kuat.

10. Apakah Pluto dianggap sebuah planet?

Sejak ditemukan oleh Tombaugh, masyarakat dunia sepakat bahwa sistem tata surya diisi oleh sembilan planet.

Pada 2006, sebuah kelompok yang memberi nama untuk planet-planet, International Astronomical Union (IAU) memberi beberapa klasifikasi mengenai benda langit yang bisa dikategorikan sebagai planet. IAU memutuskan Pluto adalah bukan sebuah planet.

IAU lalu membuat kategori sendiri untuk planet mungil seperti Pluto, karena nyatanya astronom menemukan banyak objek di antariksa yang ukurannya seperti Pluto. Mereka membuat kategori "dwarf planets" atau planet kerdil.

Sejauh ini, ada lima planet kerdil yang diakui IAU, yaitu Pluto, Ceres, Eris, Makemake, dan Haumea.

Seakan ingin kembali memasukan Pluto di deretan planet utama tata surya, pihak NASA menyatakan akan tetap menunggu hasil observasi dari New Horizons. 


No comments:

Post a Comment