Sunday, April 20, 2014

Hal Yang Mengingatkanku Ke Masa Lalu

Baru kemarin ini, sepulang dari bekerja. Aku sempatkan untuk mampir kesebuah toko yang menjual pernak pernik aksesori kado atau lainnya. Dan lagi dan lagi seperti pebahasanku kemarin, tentang hebatnya kemampuan otak yang bisa membawa kenangan lama kembali muncul kepermukaan. Sebuah kenangan unik dimasa remaja saat SMA ketika melihat sebuah kartu ucapan tergantung, senyum pun terukir jelas. Betapa konyolnya saat itu, suka sekali saling tukar kertas dengan merk khusus harvest yang pada jamanku adalah kertas dengan motif paling bagus dan ciamik. Ini bukan membicarakan soal kertas binder bermerk harvest, karena pada saat itu otakku seolah membuat sebuah spekulasi, unik juga ya.. ternyata hanya dengan melihat sebuah benda, kita dapat merasakan suasana masa lalu.

Jika aku, ada beberapa hal yang membuat aku teringat masa lalu. Untuk saat ini setelah memikirkan begitu lama, aku baru menemukan 3 hal yang dapat membawaku teringat masa lalu. Dan tanpa diijinkan untuk bercerita, aku akan menyebutkan apa 3 hal itu.
1. Lagu
Bagiku lagu menduduki chart pertama untuk hal yang bisa mengingatkanku ke masa lalu, boleh percaya atau tidak. Hampir 80% otak kita merekam begitu banyak lagu. Pernah gak sih ketika sudah lama sekali kamu gak mendengarkan lagu, dan ketika kamu berada disuatu tempat kemudian lagu itu terputar, secara tak sadar kamu bisa mengikuti lirik lagu tersebut, bahkan sempurna seperti si penyanyi itu bernyanyi. Padahal terbilang sudah lama sekali kamu gak mendengar lagu itu.
Dan teringat beberapa hari lalu, karena bosan mendengarkan dvd player atau music player yang ada dihandphoneku, maka iseng aku menghidupkan radio dan menyambungkannya ke speaker.
DJ radio banyak bercuap2 tentang menghadapi malam minggu di jogja yang macet jangan galau, yaa.. karena pada saat itu adalah malam minggu. Menikmati lagu yang terputar dan lagu lagu yang begitu jadul. Merebahkan diri dan memejamkan mata, seolah diri ini benar – benar berada di jaman saat aku SMA, ketika saat itu aku memakai pakaian khas SMA yaitu putih abu2 lengkap dengan dasi hitamnya sedang duduk di kendaraan yang beken banget disebut angkot poncowati. Yah lagu seperti lagu peterpan – sally sendiri, ribas, lobow, dan beberapa band yang benar – benar jaya dijamanku waktu itu. Selepas meeting, mendengarkan radio adalah hal yang ingin aku ulangi diakhir pekan nanti. Dan karena ingin mengenang masa lalu, saat ini aku sedang kembali tergila – gila dengan lagunya carrie underwood – I told you so. Ini lagu jamanku SMA kayaknya, sedikit lupa.

2. Parfum
Dan yang kedua adalah parfum, mengapa? Terkadang aku mengenali seseorang itu dari parfumnya. Dan misalnya temanku mengganti parfumnya maka ketika saat itu aku menyadarinya aku akan nyeletuk “hey, kamu ganti parfum ya?” dan terkadang dia menjawab “eh kok tau? Kamu kok apal?”
Hahahaa… yahh aku itu diam diam suka menghapal wangi parfum seseorang, yaahh.. terkadang juga ketika pergi kemana, terus ada seseorang yang memiliki wangi yang sama dengan temanku, tentu itu akan membuatku ingat dengan dia. Padahal belum tentu itu dia, ya karena itu tadi. Aku mengenal dia dari indra penciuman. Kembali ke topik awal, mengapa parfum bisa membawaku mengignat masa lalu? Sekitar beberapa minggu yang lalu, awal bulan dimana aku menyempatkan diri untuk berbelanja keperluan bulanan, dan disana aku berada dikoridor yang terpajang begitu banyak parfum dari berbagai merk. Namanya juga manusia suka banget mencium cium wangi sampai hidungpun bingung dengan semua wewangian dan akhirnya pusing sendiri. Parfum shower to shower biru atau putri splash cologne warna orange dan pink benar benar bisa menyeretku ke masa SMA, hanya dengan menghirupnya. Ingatan masa SMA terputar jelas di kepala. Setiap jam olah raga, ketika abis turnamen basket, sparing antar sekolah, atau acara olah raga lainnya. Wangi itu benar – benar kenangan yang tak tergambarkan bahagianya. Masa remaja, masa yang ingin aku tonton ulang, tapi bukan berarti kembali ke masa itu. Tidak seperti itu maksudku.

3. Makanan
Dan yang terakhir, makanan.
Pernahkah kalian merindukan makanan – makanan ringan dijaman kalian masih kecil? Saat ini jawabanku iya.
Yah, aku sempat membuka artikel yang membahas panganan jaman kecil, haahha kemudian aku tertawa dan bertanya “masih ada gak ya yang jual makanan ini?” kemudian aku cari forum jual beli yang membahas makanan ini. Ternyata ada! Tapi ya harganya tak seperti yang dulu. Lebih mahal lah, namanya juga berkembang jaman.
Dan ternyata, esoknya ketika aku berangkat bekerja, aku bertemu dengan rekan kerjaku yang membeli makanan jaman purba kala (lebai). Kalian ingin tau makanan apa itu? Coklat ayam jago dan nissin mini stick dengan gambar cowok pemain rugby bernomor dada 10. Ini makanan jaman SD, dan ketika aku memakannya teringat banget saat SD membeli jajanan ini di bibi2 yang menjual dagangannya di pagar sekolah, saat itu aku inget banget harganya Rp.500 dan sering aku beli dihari sabtu sebagai cemilan untuk nonton acara seru di televisi ketika hari minggu. Mengingat itu membuat aku tersenyum kecil bahkan tertawa kecil.
nissin mini stick
coklat jago











Bagaimana dengan kalian?
Kalo untukku baru 3 hal ini yang aku ingat bisa membawaku ke masa lalu. Sayangnya masa kecilku tak sama dengan masa kecil anak2 jaman sekarang, memang lebih modern tapi sifat sosialnya semakin menurun. Entah itu dari mainannya, makanannya, dan kegiatan lainnya.
Semoga untuk kita bisa berharap jaman untuk anak kita akan lebih baik. Aamiin..

Sekian..!
Yosha!

No comments:

Post a Comment