Wednesday, April 16, 2014

Pengalaman Wawancara Kerja



Ceritanya aku mau share pengalaman wawancara kerjaku neh, walau udah lama banget. Tapi setidaknya sedikit berbagi lah gimana kemarin aku menjelaskan kepada mereka, para HRD itu.
Aku pernah diberi pertanyaan seperti ini, saat itu aku wawancara mau kerja di pinopico.com

T = tanya | J : jawab

T : Kenapa mbaknya daftar kerja di pinopico?
J : Karena warnanya merah mas, dan saya suka warna merah.

Mereka bingung dengan jawabanku
T : Kenapa suka warna merah?
J : Bisa diartikan sendiri warna merah itu melambangkan apa? sosok karakter yang berani dan survivor. Merah sendiri mencerminkan pribadi yang bersemangat. Selain itu juga dengan pandangan sekilas saja saya tertarik dengan pinopico dan kreasi papercraft.

T : Dilihat dari CV, masih semester 7? skripsi ya? Bab berapa?
J : Malah saya belum ngambil mas, karena belum dapat gambaran mau buat apa.

T : Lalu kesibukan mbak saat ini apa?
J : Belakangan ini saya lebih banyak main keluar kota jalan - jalan, saya mencari kerja seperti ini juga agar bisa mengikat saya untuk stay di suatu tempat agar bisa memikirkan judul apa untuk skripsi saya nanti.

T : Kemampuan apa yang mbak punya berhubungan dengan seni papercraft ini?
J : Saya orangnya kreatif, dan saya suka seni. Saya orang yang telaten dengan hal yang saya sukai. Dan saya juga bisa desain animasi seperti papercraft ini.

Disini aku diterima bekerja, dan sekitar 6 bulan aku bekerja disini karena aku mulai fokus skripsi juga.

Karena saat itu pinopico adalah sebuah usaha mahasiswa UII, maka saat wawancara tidak terlalu formal, karena mas mas HRDnya juga santai. Bahkan sampai sekarang aku masih berteman sama mereka, sayang aja pinopico gak ada yang nerusin karena para mahasiswanya udah pada mau lulus semua.

Dan berpindah ke perusahaan export furniture didaerah kalasan. Ini aku belum diresmikan lulus tapi udah melancong melancong nerima panggilan kerja. Entah diterima atau enggap, itung2 sebagai batu asah buat menghadapi wawancara kerja lainnya juga.
Yang satu ini formal sekali, karena aku datang dengan pakaian sangat rapi. Menghadapi tes yang berkala juga. Aku juga gak seberapa ingat, poinnya. intinya Aku berhadapan dengan 3 HRD langsung, dan mereka tanya buanyaaaakkkkkkkkkkk halll…… hampir 1 jam broo

T : Bisa tolong Anda jelaskan, Anda ini orangnya seperti apa?
J : Saya karakter yang unik menurut saya, saya orangnya pandai menyesuaikan diri dilingkungan baru, supel dan berkkemampuan memiliki teman yang banyak. Selain itu saya orangnnya sangat menjunjung tinggi prioritas janji yang saya buat pertama kali. sesederhana apa itu janji jika sudah saya buat pertama kali maka akan saya tepati dahulu.

T : Bisa jelaskan apa kelemahan Anda?
J : Kelemahan? Untuk kemampuan saya orangnya lebih cenderung generalis, oleh karena itu saya bisa dan paham tentang banyak hal, tapi saya tidak bisa spesial di bidang tersebut. Seperti saat ini, saya mengerti dan paham semua aplikasi office, adobe, atau software lainnya. Hanya saja saya kurang spesialis disalah satu bidang tertsebut. Jika ditanya bisakah saya desain? maka akan saya jawab “iya saya bisa” tapi saya tidak sefasih desainer lainnya. Bagi saya kemampuan generalis saya adalah kelemahan saya karena saya kurang berminat mendalamai apa yang sudah saya bisa, salah satu dari apa yang saya bisa agar menjadi spesialis bidang tersebut. Karena saya belajar dari rasa penasaran dan keingin tahuan sebelumnya. Ketika saya penasaran dengan bahasa jepang, maka saya akan mengambil waktu sepadat mungkin untuk mempelajari semua tentang jepang, aksara, bahasa dan budayanya. Tapi ketika saya sudah hampir mengetahuinya, maka saya sudahi sampai disana. sebatas tahu apa itu hiragana, katakana, kanji, dan pengetahuan dasar jepang lainnya.  Saya orang yang terkadang melakukan sesuatu tergantung mood yang baik, saya pasti akan sangat sempurna mengerjakan sesuatu jika disaat itu mood saya sedang baik, tapi belum tentu saya tidak profesional. Saya juga pribadi yang suka mengerjakan apa yang saya suka dan tidak suka mengerjakan apa yang tidak saya suka. Teman saya menyebut saya egois, karena saya selalu meninggalkan apa yang tidak saya sukai, apapun itu.

T : Lalu kelebihan Anda?
J : Saya orang yang kreatif, banyak akal dan cerdas, kenapa saya mengatakan diri saya cerdas? karena saya orang yang mampu menyelesaikan masalah saya sendiri. Terkadang orang orangatau teman saya sendiri menjudge saya sebagai pribadi yang tertutup, tidak suka share permasalahan saya, itu karena saya ingin mencoba menyelesaikan masalah saya sendiri. Selain itu saya orang yang lebih suka belajar dengan teknik mengamati, membaca dan mendengarkan. Saya perempuan tapi saya mengakui saya memiliki kemampuan lain diluar batas perempuan, saya merasa pribadi saya tangguh, karena itu saya bebas sekalipun saya bekerja dibawah tekanan. Saya sangat mudah beradaptasi dengan beberapa karakter orang, dan kenyataanya teman saya banyak sekali. Begitu juga ketika belajar, nilai saya akan sangat baik ketika mata pelajaran tersebut adalah mata pelajaran yang saya sukai.

***

Sudah berapa kali aku wawancara kerja, dari beberapa panggilan.
Tapi tetap saja aku perlu mengeksplore lebih dalam diri aku agar saya bisa menjelakan kepada mereka apa kelebihan aku dan apa kelemahan aku.
Untuk saat ini aku sedang bekerja di sebuah perusahaan pengembangan diri dan teknologi gelombang otak, semacam bekerja dan belajar.
Dan untuk teman - teman sekalian,
jangan merasa ragu untuk dengan kemampuan kalian, dalam memilih pekerjaan atau apapun itu, jangna pernah merasa ragu dengan kemampuan kalian sendiri.
Selama kalian masih bisa belajar, segala apapun di dunia ini manusia pasti bisa mempelajarinya.
Belajar dan terus belajar.
Tentukan masa depanmu karena hanya kamu yang mengerti masa depanmu.

Yosha!


No comments:

Post a Comment