Wednesday, March 8, 2017

Pengalaman merilis Stiker di Line Market

Hai hai hai.. ketemu lagi sama blogger keren penggemar power ranger yang selalu menamai dirinya sebagai RedRanger. Kali ini saya mau share pengalaman merilis Line Stiker di Line Market. Apa saja sih ? Bagaimana cara membuatnya? Software apa yang dipakai? Dan mungkin ada yang belum tahu apa manfaat jadi creator Line di Line Market.
Pertama saya mau jelasin apa saja sih manfaat punya stiker yang berhasil rilis di Line Sticekr shop.
  1. Kamu bisa jualan karya kamu berupa stiker dan tentunya memili pendapatan yang bisa kamu tebus setiap tanggal 10. Dan peluang pendapatan dari para creator yang pernah saya tahu, jika kamu berhasil duduk di TOP 10, kamu udah cukup bisa membiayai biaya hidup, belanja, jajanin adek, bahkan ngasih spare money ke orang tua kamu. Karena Line Sticker shop sendiri available countrynya mencapai 100 an Negara. Bayangin aja ^^
  2. Kamu memiliki karya yang bisa kamu pakai sehari – hari sebagai sticker chat kamu, pasti ada kepuasan pribadilah untuk itu.
  3. Melatih ke kreatifan karena bisa tiap hari kamu semakin ingin membuat koleksi stiker – stiker keren kamu.

Dan tentunya untuk bisa merilis 1 sticker saja tidak semudah seperti yang dibayangkan, karena kamu perlu melewati review dari pihak Line sendiri yang bisa memakan waktu minimal 10 hari setelah masa daftari stiker kamu. Saya sendiri, untuk bisa merilis 1 sudah memakan waktu hampir 2 bulan. WHAT?!
Jadi awal request stiker saya ditolak karena alasan seperti digambar ini

Gambar pertama yang ditolak ya saya akui itu emang kecerobohan saya kurang menghapus warna putih yang mengganggu background stiker. Dan yang kedua ternyata stiker tidak boleh mengandung unsur kekerasan. Karena stiker saya berupa hewan jadi keterangan saya disebut sebagai “Animal Abuse” walau distiker lain yang udah rilis bahkan dari LINE sendiri ada stiker yang lebih abusing banget daripada punya saya. Tapi gak papa kamu gak bisa nolak, dan gak bisa komplen. Saya request lagi deh stiker setelah saya edit stiker yang ditolak.

Dan 10 hari kemudian, jeng jeng..!! Stiker saya melanggar norma budaya Indonesia yang menjadikan stiker saya gak bisa di rilis di Indonesia. WHAT? Kalo gitu saya nanti gak bisa beli stiker saya sendiri dong?! Lahhhh BIJIMANEEE?! Akhirnya saya searching2 kenapa bisa gitu ya? Apa yang salah sama stiker saya, sampai2 tidak bisa dijual di Indonesia. Akhirnya dapet saran dari forum creator line dikaskus, stiker yang kita buat tidak boleh berunsur segala sesuatu yang berbau “LGBT” jika stiker kamu ditolak dijual di Indonesia karena alasan kemungkinan melanggar norma budaya ada kemungkinan salah satu stiker kamu mengandung unsur “LGBT”. Dan karena itu saya teliti satu persatu stiker saya dan kecurigaan saya jatuh ke stiker ini.

Ini kan saudaraan, masa iya inces -_-
Nah akhirnya saya revert to edit deh stiker yang udah 9 hari masuk masa waiting for review. Daripada udah rilis gak bisa saya jual di Indonesia, saya gak bisa download dll. Ahhhhh bodo amat lebih baik nunggu 10 hari lagi. Saya coba ganti dan saya menunggu proses “In Review yang memakan waktu 2 minggu. Alhamdulillah setelah penantian lama, dapet notif dari Line jika stiker saya sudah di “has been approved” HOREEEEE…….. Berita yang sangat menggembirakan.

Begitulah rempongnya merilis stiker, belum lagi permasalahan akun paypal yang harus verified. Untuk kamu yang bingung masalah Paypal dan gak punya kartu kredit untuk memverifikasi, juga pake VCN BNI atau VCC udah tidak diperbolehkan, siapa tau mau mencoba cara saya di artikel ini Verifikasi akun PayPal menggunakan Kartu Debit Bank Lokal

Dan untuk kamu yang mau beli stiker saya bisa ke link ini
Vol I      : http://line.me/S/sticker/1394781
Vol II     : http://line.me/S/sticker/1398706

Vol I


Vol II


Untuk yang ingin tau bagaimana cara membuat stiker animasi saya bisa baca di artikel Cara membuat Stiker untuk Line Sticker.

See you on the next moment guys!! Salam Ranger.

44 comments:

  1. verifikasi paypal pakai bank mana ?

    ReplyDelete
  2. Cara pencairan uangnya harus lewat paypal ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk Indonesia sejauh ini peratiran dari LINE masih pake paypal kak

      Delete
  3. Kak kalo stiker kita udah rilis, bisa kita hapus balik atau udah permanen ga bisa dihapus lagi ya?

    ReplyDelete
  4. Kak mau tanya kalo ada tulisan
    1. Stickers designed to confuse or make the user hate them
    2.Images that do not follow the format designated by LINE
    > Many stickers
    Kenapa ya? Mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sticker has confuse user. Artinya Sticker nya terlalu membuat Para pengguna menjadi bingung atau tidak menarik sehingga mereka tidak menyukai sticker itu


      2 many sticker. Terlalu banyak stickernya... Jadi harus pas dalam 1 set nya. Meski bisa milih toi tetep aja harus pas

      Delete
    2. Sticker has confuse user. Artinya Sticker nya terlalu membuat Para pengguna menjadi bingung atau tidak menarik sehingga mereka tidak menyukai sticker itu


      2 many sticker. Terlalu banyak stickernya... Jadi harus pas dalam 1 set nya. Meski bisa milih toi tetep aja harus pas

      Delete
    3. Sudah dibantu kakak VJ007 🙌

      Delete
  5. bang punya aku kok ngga di verifikasi ya??
    padahal udahh 1 bulannan

    ReplyDelete
  6. Kalo akun creator line kita belum terdaftar paypal, apakah stiker bisa rilis? Lalu setelah terjual baru kita daftarkan paypal untuk menarik uangnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa.. Aku udah rilis 1 baru kelar ngurus verifikasi paypal.

      Delete
  7. Hai, aku juga baru membuat stiker line hehehe... dan 2 hari lalu baru diapprove juga. Aku senang banget stikerku bisa rilis hehehe... Kunjungi juga ya blogku... https://pengalamanjokis.blogspot.co.id/2017/12/assalamualaikum-wr.html
    blogku ini juga membahas stiker line

    ReplyDelete
  8. cara hapus nya gimana?cara hapus stiker dari toko stiker tsb yg sudah terlanjur terjual

    ReplyDelete
  9. cara rilisnya gimana? sticker ku udah di setujuin sama pihak linenya trus disuruh rilis.cara rilisnya gimana ya??

    ReplyDelete
  10. cara rilisnya gimana? sticker ku udah di setujuin sama pihak linenya trus disuruh rilis.cara rilisnya gimana ya??

    ReplyDelete
  11. maaf kak, biar tau yang udah download stiker kita itu gimana yak? saya masih bingung soalnya, kalo ada saya boleh minta kontak line/wa biar bisa tanya langsung, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa PM saya lewat IG kak. Dibawah post saya selalu nampilin ID IG saya.

      Delete
  12. Kalau proses "in review" butuh berapa lama ya? Saya udh hampir 3 minggu blm ada keputusan, saya kira yang "waiting for review" doang yg lama

    ReplyDelete
  13. Kalau proses "in review" butuh berapa lama ya? Saya udh hampir 3 minggu blm ada keputusan, saya kira yang "waiting for review" doang yg lama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bantu jawab. Beda2 antara satu creator dg yg lainnya, kemarin saya cuma 3-4 hari. Tp saya pernah baca ada yg sampai 2 bulan

      Delete
    2. Betul banget, beda2.. Saya kemarin 3-4 harian, ada juga yang 1 minggu.

      Delete
    3. beda², saya sore buat besok paginya udh direspon. walau rejected 🤣

      Delete
  14. Kak boleh tanya nge check di email yg stiker di tolak itu. Bagaiman cara nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dibagian stiker biasanya dijelasin kak.
      Line juga ngirim email untuk stiker yg ditolak, dan dikasih link terkait yg kalo di klik bakal diterusin ke halaman line market.

      Dibawahnya bakal dikasih tau penyebab kenapa stiker ditolak.

      Delete
  15. Kak mau tanya. Stiker aku udh diapprove dan sudah rilis. Tp di akun line creators saya blm memasukkan akun paypal karena saya gabisa bikin paypal krn masih dibawah umur. Apa saya tetep dapet fee dr penjualan stiker saya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fee akan menetap di bagian payment kak, dan g bsa dicairin sampai punya akun paypal yg terverifikasi.

      Delete
  16. Kak mau tanya juga, sebagai creator apakah kita dikenakan biaya dalam perilisan? (Seperti biaya perbulan atau biaya lain-lainnya). Terima kasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak ada teman. Cuma nanti pas withdraw ada potongan pajak 20%

      Delete
  17. Permisi kak mau nanya, aku juga baru" jadi line creator dan jual stiker dgn harga 50coin = 12000. Tapi apa emang bener kena pajak akhir"nya jadi cuma 3.500?, Apa ada semacam rahasia kah? Soalnya aku juga udh ngebeli stiker sendiri dan duit yg aku dapetin juga cuman rp 3.500, Gimana mau untung orang" yg jual 10 coin yg hasilnya cuma 67perak? ;_;)

    Sampe" ada orang yg bisa idup jadi line creator doang. GK masuk akal aja yg jual 10 coin untungnya dimana. Mohon dibantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang penjualan emang jatuh teman, gak kaya dulu.
      Karena juga sekaranf banyak saingan jadi yaaa.. agak g masuk akal kalo mau dijadikan sumber utama penghasilan. :3

      Delete
  18. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  19. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  20. Kak utk sticker yg kita create di line apa bisa kita gunakan di WA

    ReplyDelete
  21. bikin paypalnya akun bisnis atau personal?

    ReplyDelete
  22. kak kalo setelah di reject trus blg 5.4. Themes that make use of material without proven permission from the copyright owner.itu kita harus ngirim sokumen semcam apa yah?
    mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama aku juga dapat begituan, gmna kamu atasi nya ? Mohon bantuan nya

      Delete
    2. Mengandung copyright agak susah teman. Aku ada yg kaya gitu gagal rilis terus, akhirnya aku hapus.

      Delete
  23. kak stiker ku udh dirilis tpi knp gmbrnya g HD ya, padahal pas di line simulator gmbrnya HD. Blh ksh tau g ukuran canvas dan dpi yang disarankan agar gambar ttp HD?

    Kmrn canvas saya 370x320 350dpi

    ReplyDelete