Monday, March 6, 2017

Cara membuat Stiker untuk Line Sticker.

Hai, jumpa lagi sama blogger keren @Ekaayuliana si RedRanger hahahahaa... kali ini saya mau berbagi tips untuk kalian yang pengen membuat sticker sendiri, bagaimana cara membuat stikernya, software apa yang dipakai dan lainnya.

Sebelumnya untuk panduan lebih rincinya bisa dilihat di web resmi Line Market, tentang peraturan yang diwajibkan dipatuhi agar sticker kamu bisa dirilis. Nih bisa dilihat disini Line Guideline

Sekarang lanjut ke pembahasan, untuk membuat stiker, saya menggunakan 2 software dari Adobe yaitu Adobe illustrator CC dan Adobe Photoshop CC, bisa juga menggunakan software lain yang bisa kamu pakai untuk membuat stiker animasi seperti Anime Studio, FotoMorph, Abrosoft FantaMorph Pro, Corel Draw, dan lainnya. Tapi disini yang saya pakai hanya 2 software dari Adobe tersebut.

Pertama sebelum membuat sebuah stiker, buat dulu rencana tema apa yang akan dipakai, jika saya memakai tema kucing. Karena saya sangat menyukai hewan imut berbulu ini.

Mari kita mulai tahap pembelajaran kita.


Buat dokument di Adobe Illustraor CC dengan cara File > New atau bisa juga dengan shotcut CTRL + N, isi seperti gambar dibawah. Pengaturan dibawah untuk "Image Sticker" Ada 3 hal utama yang akan dibuat. Main ( 240px*240px ), Tab( 96px*74px ), dan Image Sticker ( 370px*320px ).

Ini pengaturan untuk Image Sticker
Baca link ini untuk mempelajari tentang tools yang ada di Adobe Illustrator, untuk kamu yang masih awam dengan Adobe Illustrator  50 Fungsi Tool box pada Ilustrator.

Buat border dan ruler untuk membatasi agar image tidak gagal ketika di export. caranya pilih tool rectangle buat ukuran sesuai dengan ukuran dokumen, untuk saat ini isi dengan ukuran rectangle 370*320

pasang pas dengan ukuran dokumen atur serapi mungkin dan turunkan opacity menjadi 0%, lock dokumen tersebut dengan menekan CTRL + 2. Media utama untuk membuat "image stiker" sudah jadi, lakukan hal serupa untuk dokumen "Main" dan "Tab". 

Menggambar object bisa menggunakan tools Pen tool, paint brush tool, dan sanak saudaranya. Pelajari lebih lengkap di link yang sudah saya sediakan mengenai tools Illustrator.

Jika sudah selesai menggambar, dan image sudah siap. Export image menjadi .png dengan menekan File > export > isikan nama yang mau disimpan, export > atur resolution menjadi 72 ppi dan background color "transparent" > OK

File akan tersimpan, cek di folder tempat kamu menyimpan stiker animasimu. Cek ukuran file tersebut dan pastikan ukuran menjadi 370*320 karena jika tidak sesuai maka akan terjadi kegagalan ketika mengupload ke Line Market mu. Jika ukuran tidak sesuai, kamu bisa mengaturnya dengan menggunakan Adobe Photoshop. Saya menggunakan Adobe Photoshop selain untuk menambahkan effect agar stiker lebih bagus juga untuk menyeting ukuran gambar. 

untuk ukuran yang tidak sesuai, Drop gambar ke Adobe Photoshop, setting ukuran gambar dengan menekan CTRL+I, setting menjadi ukuran yang sesuai yaitu 370*320 lalu Oke.

pastikan sesuai gambar ini

Upload ke Line market mu sesuai dengan urutan angka "Image Sticker" yang ada di halaman Line Marketmu. Ikuti panduan yang ada di Line Guideline dan ULALALAA...
Silahkan menunggu review yang biasanya memakan waktu minimal 10 hari. jika ditolak jangan menyerah..!!


See you on the next moment guys!! Salam Ranger!!

No comments:

Post a Comment