Sunday, January 11, 2015

Tips Memilih Pom Bensin yang Baik

Tips Memilih Pom Bensin Yang Baik yaitu dengan (memperhatikan arti angka yang tertera pada plang SPBU) lalu apa lagi? Bagi para pemilik kendaraan bermotor, pastilah kita pernah merasa dikecewakan saat mengisi bensin di Pom Bensin (SPBU), untuk menghindari kejadian seperti itu, mari kita simak info bermanfaat ini.

Berikut ini saya berikan tips buat isi di Pom Bensin yang bagus :

1. Lebih baik mengisi bahan bakar di PERTAMINA kode 41 atau (Angka Kedua 1)

Lihat lingkaran MERAH, Itu ada 44 (2 angka terakhir menandakan itu adalah milik swasta.)
Tiap pom bensin memiliki kode depan masing-masing dimana anda bisa mengetahuinya?
Pernah memperhatikan plang nama besar saat menuju ke SPBU? Di wilayah Jawa Tengah dan sekitarnya tertera huruf 41.XXXXX atau 44.XXXXX, itu bukan kode buntut. Huruf awal pertama menandakan kode wilayah. Sedang angka kedua mengandung arti kepemilikan, liat bawah :

x1.xxxxx = Pom Bensin adalah milik Pertamina.
x4.xxxxx = Pom Bensin adalah  milik swasta atau  dealer.

Kepala 4 berarti SPBU berdomisili di DIY, Jawa Tengah dan sekitarnya. Kalau kepala 5 sepertinya daerah Jawa Timur, Kepala 3 daerah Jakarta, dan Jawa Barat. Jadi disini yang penting adalah digit ke-2 (liat diatas), tidak masalah berapapun angka pertamanya karena itu kode wilayah. Karena, sebenarnya ada tiga kategori SPBU berdasar pada situs spbu.pertamina.com yaitu :

COCO alias corporate owner corporate operate,
CODO yakni corporate owner dealer operate
DODO, dealer owner dealer operate. Ini

Karena SPBU dengan nomor  "x1.xxxxx" dikendalikan oleh pertamina, maka kualitas SPBU model COCO dan CODO diyakini lebih baik dibanding DODO. Tanpa bermaksud menyamaratakan, di sisi bisnis bisa dimengerti, karena ingin cepat balik modal, pengusaha jadi berlaku curang. kalo saya sih nyaranin ngisi bensin sebaiknya di SPBU yang milik Pertamina (x1.xxxxx) karena quality control-nya cukup bagus, info juga didapat dari supir taksi dan orang-orang lapangan yang telah pengalaman ngecek pas ngisi bensin, katanya yang kode 41 (x1.xxxxx) takarannya sesuai sedangkan yang 44 agak berbeda meskipun punya tanda "PASTI PAS".

Untuk wilayah Yogyakarta, yang saya tau milik pemerintah adalah SPBU besar di jalan Solo dan Jalan Lempuyangan,

2. Tiap mengisi bahan bakar, minta kepada petugas agar tuas handle selang jangan ditekan. Tapi dilepas saja waktu ditaruh ke tangki kendaraan.

Pernahkah saat anda mengisi bensin, tuas handle ditekan-tekan begitu oleh petugasnya? Pasti kita pernah melihatnya, kenapa begitu? karena banyak oknum yang nakal dengan cara memainkan takaran bensin dengan tanda cara seperti itu sehingga jumlah bensin yang kita isi lebih sedikit dari apa yang seharusnya.

Pengalaman saya ngisi di pom bensin kode 31 (x1.xxxxx), petugasnya tidak pernah menekan-nekan tuas handle selang sewaktu mengisi sedangkan di kode 34 silahkan lihat deh. Kalau anda sewaktu ngisi bensin "digituin", petugasnya ditegur aja.

3. Isilah bahan bakar di pagi hari, karena temperatur tanah masih dingin.

Ingat bahwa semua SPBU mempunyai tanki penyimpanan di bawah tanah. Semakin dingin tanahnya maka semakin padat/kental bahan bakarnya. Jika temperatur mulai panas/hangat, maka bahan bakarnya akan mengembang.

Jadi jika membeli bahan bakar pada siang hari atau petang hari, sebenarnya bahan bakar yang diisikan ke dalam tanki kendaraan anda jelas lebih sedikit dibanding jumlah liter yang anda beli. Dalam bisnis perminyakan, gravity yang spesifik dan temperatur bensin, diesel dan bahan bakar pesawat jet, ethanol dan produk minyak lainnya punya peranan penting. Kenaikan 1 derajat merupakan hal yang sangat berpengaruh dalam bisnis ini. Tetapi SPBU tidak memberikan anda rugi/kompensasi karena temperatur.

4. Isilah bensin saat tangki kendaaran anda setengah penuh.

Alasannya adalah semakin banyak bahan bakar yang ada di tanki kendaraan, maka semakin sedikit udara yang ada di bagian tanki yang kosong. Bensin menguap lebih cepat dari pada yang bisa kita bayangkan. Dalam bisnis perminyakan biasanya tanki penyimpanan bensin mempunyai apa yang kita sebut atap yang mengapung (floating roof) yang berfungsi sebagai clearance zero antara bensin dan atmosfer sehingga penguapannya bisa dikurangi, tetapi hal itu tidak terdapat di SPBU.

5. Jangan isi bahan bakar ketika truk penyimpanan bahan bakar sedang mengisi tangki penyimpanan.

Hampir pasti bensin/solar akan teraduk saat bahan bakar dipompakan dari truk ke tanki penyimpanan SPBU, dan kemungkinannya akan ada kotoran di dasar tanki penyimpanan yang teraduk naik dan terikut masuk ke tangki kendaraan anda.


Bukti-bukti nyata tentang Pom Bensin dengan code (x1.xxxxx)

1. Pom dengan code (x1.xxxxx) tarikan lebih kencang.
Coba bagi anda yang menggunakan mobil atau motor matic, pastinya akan terasa tarikan mobilnya. Jika mengisi bensin di pertamina dengan tanda kode 41 (x1.xxxxx)akan terasa tarikan mobilnya lebih kencang dan tidak terlalu kotor dibanding dengan tanda pom dengan tanda kode lainnya

2. Pom dengan code (x1.xxxxx) lebih rame pembeli.
Coba anda bandingkan jumlah mobil/ motor yang ngisi bensin di pom bensin tersebut, di pom bensin kode 41 (Angka Kedua 1) pasti sangat ramai sedangkan yang kode 44 agak cenderung sepi. Ini sudah saya buktikan sendiri. Bandingkan SPBU jalan solo dengan SPBU seberangnya. :#

3. Pom dengan code (x1.xxxxx) lebih awet.
Coba anda mengisi 1 Liter bensin di Pom bensin 41 (x1.xxxxx) dan pom bensin 44, bandingkan aja dari sisi kualitas (mesin lebih enak) maupun kuantitasnya (yang mana yang lebih cepat habis).

4. Pom dengan code (x1.xxxxx) lebih diminati para sopir anglot & sopir taksi.
Coba anda tanya sama supir angkot atau supir taksi dimana pom bensin yang bagus, pasti sebagian besar mereka jawab di pom bensin 41 (x1.xxxxx) karena mereka juga banyak ngisi di pom bensin 41, kalo gak percaya bisa dibuktikan sendiri anda, tapi tidak semua 44 seperti itu.

Selain itu juga ada baiknya kita ngelarisi usaha milik pemerintah. Dan ingat suatu hal, akan selalu ada skenario didalam permainan bisnis :)

No comments:

Post a Comment